Sabtu, 28 November 2009

Tips untuk Menghafal Al-Qur’an

Dari Abdillah bin Amr bin ‘Ash dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib Al Qur’an, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Al Qur’an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi). Hadits ini menunjukkan keutamaan bagi mereka penghafal Al-Qur’an.

Berikut ini tips untuk menghafal Al-Qur’an, beberapa diantaranya disampaikan oleh Syekh Osama Abdul-Azeem dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

* Yang Pertama, pastikan anda sudah benar-benar bertobat sebab Allah tidak akan memberikan kelapangan bagi mereka yang berdosa. Imam Syafii pernah mengungkapkan kepada gurunya akan kesulitan dia dalam menghafal lalu gurunya meminta dia untuk meninggalkan perbuatan dosa.

* Camkan dalam pikiran tentang betapa mulianya penghafal Al-Qur’an itu seperti disebutkan dalam hadits diatas sehingga anda memiliki semangat untuk terus menghafal Al-Qur’an. Mintalah kepada Allah untuk membimbing anda dalam menghafal Al-Qur’an.

* Luangkan waktu khusus per hari atau beberapa hari untuk menghafal Al-Qur’an. Waktu yang memang ketika anda sedang tidak sibuk dengan urusan lainnya.

* Gunakan kopi Al-Qur’an yang sama tiap kali hendak menghafal. Hal ini dikarenakan otak kita menangkap ‘snapshot’ dari halaman-halaman.

* Mulailah dari surat yang anda anggap termudah bagi anda. Banyak yang menganjurkan untuk memulai menghafal dari lima juz terakhir (juz 30 lalu juz 29 dan seterusnya).

* Awali dari surat yang anda benar-benar suka untuk menghafalnya, lalu diikuti oleh surat yang anda sering dengar dan diikuti dengan surat-surat yang anda kenali dari hati anda.

* Semakin muda usia anda maka akan semakin mudah menghafal Al-Qur’an. Semakin tua usia anda maka anda akan semakin sibuk dan kapasitas memori otak anda semakin berkurang.
Namun tidak pernah ada kata terlambat, InsyaAllah. Jika kapasitas memori anda ketika masih kecil atau remaja tidak begitu banyak dipakai maka anda mungkin dapat dengan cepat menghafal Al-Quran.

* Setelah menyelesaikan beberapa ayat, baca ayat-ayat tersebut dalam shalat anda. Cara lainnya yaitu anda bisa dengan berlatih bersama teman atau pasangan anda.

Yang terakhir mungkin akan menjadi ide yang bagus jika anda membentuk suatu kelompok sehingga bisa saling mendukung dan menyemangati. Jika anda memiliki anak-anak dan menginginkan anak anda cepat dalam menghafal Al-Qur’an buatlah semacam kompetisi diantara mereka dan berikan balasan kepada mereka yang menghafalnya terbaik. Semoga Allah membimbing kita untuk selalu berada di jalan-Nya, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar